Paksa, Strategi Jitu Dalam Belajar Menulis


Tulisan ini sebenarnya untuk mengingatkan aku bahwa untuk dapat menulis dengan baik adalah dengan menulis itu sendiri. Masih teringat kata-kata pakar bahwa semakin tinggi jam terbang dalam menulis, maka semakin mudah dan baik pula kualitas tulisan. Usaha untuk meningkatkan jam terbang tersebut kadang banyak mengalami kendala, tetapi setelah aku renungkan ternyata hanya berpangkal pada satu sumber saja.

Coba, dikilas balik apa yang pernah dilakukan saat sekolah. Ketika diberi tugas untuk menulis, semisal tugas mengarang, tugas artikel, tugas makalah, atau tugas-tugas menulis yang lainnya. Oh iya aku pernah tuch, terus apa yang terjadi dengan tugas-tugas tersebut. Apakah dari tugas-tugas tersebut pernah dikerjakan sendiri hingga selesai. Jika jawabannya iya, maka yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apa yang terjadi pada waktu itu, dan kenapa tugas itu bisa aku selesaikan?


Kalau aku boleh memberikan kesimpulan dari kilas balik di atas, kenapa kita bisa menulis? itu sebabnya karena kita berada pada posisi DIPAKSAKAN ini bisa saja salah lho, tetapi ini bisa juga benar. Ditulisan yang lalu Kiat Sukses Jadi Penulis Produktif aku pernah menuliskan tentang kisah nyata kegiatan PAKSA, yang berujung pada produktifitas menulis. Dalam kisah tersebut dan model PAKSA dalam kilas balik di atas merupakan model PAKSA yang datang dari luar,  akan lebih dahsyat lagi kalau PAKSA tersebut datang dari dalam diri anda.

Untuk bagaimana mendorong dan menciptakan tenaga yang kuat untuk PAKSA yang datang dari dalam diri kita sendiri coba anda baca tulisan saya ini Mulai Belajar Menulis Dengan Menanam Impian, siapa tau bisa membuka sumber tenaga anda untuk memaksa.

Harapan, bisa terus-menerus menulis adalah prestasi yang luar biasa, apalagi bisa rutin misalnya dalam satu hari mampu menulis satu artikel gitu. Pasalnya, menulis adalah sebuah aktifitas yang bisa dibilang gampang-gampang susah. Dibilang gampang, memang kenyataanya dari sekolah dasar hingga sarjana kita selalu dekat dengan dunia tulis-menulis. Tetap bila dihadapkan pada pekerjaan menulis banyak yang mengatakan itu susah -termasuk aku juga-. Jadi mari kita PAKSA agar BIASA.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Paksa, Strategi Jitu Dalam Belajar Menulis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel