KOMUNITAS, Mengasah Kemampuan Menulis

komunitas menulis

Selalu begitu. Ada saja orang-orang yang memiliki visi yang sama, begitu juga dengan menulis. Ketika diri ini berniat ingin menjadi penulis yang produktif, hebat, dan bermanfaat. Maka pastilah di luar sana ada juga orang yang menginginkannya.

Tidak ada salahnya ketika berjuang menggapai mimpi, dengan berjalan beriring bersama orang-orang tersebut. Berjuang seorang diri memang mungkin, tetapi lebih mungkin lagi jika berjuang bersama-sama. Tidak perlu diungkap tentang keuntungan atau manfaat dari kebersamaan, sudah banyak yang membicarakannya, bahkan mungkin sahabat sudah familiar dengan pembahasan tentang kebersamaan tersebut.

Berbekal pemahaman tersebut, aku dan teman-teman menggabungkan diri dalam satu wadah, dan kemudian berjalan bersama mewujudkan impian. Aku adalah termasuk orang yang mendapat manfaat dari suatu komunitas, pernah aku bahas di sini Lebih Dekat Dengan Komunitas Menulis. Dari yang tidak ada niat untuk berkecimpung pada dunia tulis menulis, menjadi suka dan ingin tau banyak tentang seluk-beluk menulis.


Meskipun anggotanya baru enam orang, eh mana yang satu, katanya enam kok yang terlihat cuma lima? Baiklah akan aku jelaskan. Berhubung kami belum bisa sewa tukang foto profesional -makanya kualitasnya rendah-, jadi kami suruh dia untuk memotretnya. Al hasil, dia harus rela tak tampil, hihihi...

Tips bagi pemula, asahlah kemampuan menulis sahabat dengan bergabung di komunitas menulis. Komunitas menulis itu banyak, di dunia maya banyak, di dunia nyata juga ada. Tapi saran aku tetaplah juga sahabat bergabung di komunitas yang ada di dunia nyata, sebab itu lebih dekat dengan sahabat.

Bagaimana jika di dunia nyata sahabat tidak menemukannya, maka saran aku coba bicarakan dengan teman-teman dekat, dengan begitu sahabat akan menemukan orang-orang yang satu visi. Ada tiga manfaat yang bisa sahabat dapatkan dari komunitas, yaitu pendidikan, kontrol, dan jaringan. Pendidikan, prosess belajar mengajarnya. Kontrol adalah pengatur kualitas dan gairah. Jaringan adalah berkah -silaturrohim- atau multi tafsir.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "KOMUNITAS, Mengasah Kemampuan Menulis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel