Anshur Sosok Pahlawan Sampah Tanpa Jaminan Kesehatan



SANGATTA, Mengumpulkan sampah yang berserakan di jalan dan parit, disepanjang Jl APT. Pranoto Sangatta Kutai Timur adalah rutinitas pagi hari yang dikerjakan oleh Anshur (36). Begitu juga dengan pagi hari ini, Rabu (02/12/2015).

Bergelut dengan sampah dihadapkan pada resiko penyakit yang dapat menjangkitinya, sebab sampah adalah tempat bersemayamnya berbagai macam bibit penyakit. Saat ditanya soal jaminan kesehatan yang khusus untuk para pekerja kebersihan sepertinya dari pihak-pihak terkait. Anshur pun menjawab tak ada jaminan kesehatan untuknya.

"Dulu pernah ada, ASKES, untuk sekarang gak ada lagi." Begitu kata pria yang bekerja sebagai pegawai honorer di UPT Dinas Kebersihan Kutim.

Anshur memungut sampah yang berserakan di jalan, parit-parit, dan kemudian dikumpulkan pada tempat pembuangan sampah sementara, atau bak-bak sampah yang ada di sekitar Jl APT. Pranoto. Pekerjaan rutin ini Anshur kerjakan mulai fajar hingga menjelang mulai beraktivitasnya masyarakat umum. Jadi ketika masyarakat mulai beraktivitas, maka jalan sudah bersih dari sampah. "Saya mulai menengumpulkan sampah pagi-pagi Mas, mulai dari jam 5.00 a.m sampai jam 7.00 a.m lah sudah harus selesai," kata Anshur.

Profesi ini sudah Anshur tekuni 13 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 2003 dia mulai bekerja sebagai pegawai kerbersihan. Ironinya dengan masa kerja yang begitu lama dan penuh dengan resiko, Anshur tidak mendapatkan balasan yang setimpal. Jaminan kesehatan tak ada, uang gaji hanya sebesar 1 juta 12 ribu. Penghasilan sebesar itu untuk hidup di Kutai Timur, jangankan menjamin kesehatannya, untuk kebutuhan sehari-hari saja jauh dari cukup.

"Gaji saya 1 juta 12 ribu, gak cukup Mas, kadang-kadang saya cari kerjaan sampingan, cuci motor dan cuci ambal untuk tambahan Mas," lanjut Anshur.


Dibuat untuk memenuhi tugas
BIMTEK JURNALISTIK OLEH BAGAIN HUMAS
SETKAB KUTAI TIMUR

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Anshur Sosok Pahlawan Sampah Tanpa Jaminan Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel