Menjadi Wirausaha Sukses Itu Mudah?

menjadi wirausaha sukses

Menjadi wirausaha sukses adalah impian sebagian besar orang. Mungkin sahabat muda adalah salah satunya. Pastinya seperti itu, kehidupan sejahtera secara financial adalah harapan logis yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan ini.

"Aku tidak perlulah kaya yang penting hidup bahagia!" Ah, itukan pernyataan ngeles saja dari mereka yang tidak tau pasti apa penyebab yang dapat menjadikan mereka sukses. Kenapa mereka menetapkan atau mempola hidupnya seperti itu, padahal kan lebih baik jika bisa hidup kaya dan bahagia. Benar begitu sahabat? Iya saja lah ya, dari pada aku gampar pakai duit, bisa langsung kaya mendadak kalian.

Kalau sahabat telah memantapkan diri, mempola hidup sahabat dengan pola ingin kaya dan bahagia, berarti kita punya kesamaan visi nih. Sekarang mari kita belajar bersama, agar kita bisa merah sukses secara bersama pula.

"Rejeki sudah ada yang atur, jadi santai saja." Nah ini kalimat kedua yang juga berbahaya jika salah memahaminya. Benar Tuhan telah menetap alam ini untuk kita, oleh itu mari kita kejar dan raih nikamat itu sebanyak mungkin yang kita mau. Tidak ada batasan bagi kita, nikmat itu seluas langit dan bumi, sekarang dan masa depan, dunia dan akhirat, seberapa besar dan tingginya nikmat itu bisa kita perolah? Usaha kitalah yang menentukannya.

Menjadi wirausaha sukses adalah salah satu usaha kita dalam menetapkan seberapa besar nikmat yang ingin kita perolah dari pada nikmat sukses finansial. Memang sebagian kita bingung harus mulai dari mana, termasuk aku pribadi.

Sahabat aku pernah bertanya, "bang aku sudah banyak mengikuti seminar usaha, sudah tau gambaran-gambaran tentang usaha-usaha yang bisa dijalankan. Tapi aku bingung usaha apa yang kiranya bisa aku jalankan." Nah apakah sahabat mengalami hal yang sama dengan sahabat aku itu?

Itulah yang menjadi penyebab utama seseorang akan mempola hidupnya seperti pada pernyataan pertama tadi. Sehingga apa yang mereka lakukan hanya mentok pada peluang-peluang kecil yang sebatas mengantarkan mereka pada zona nyaman saja. Apa itu zona nyaman, zona nyaman adalah zona karyawan, buruh.

Dari pertanyaan sahabatku tadi aku coba memberikan pemahaman kepadanya dari teori yang pernah aku baca dari berbagai referensi, bahwa passion itu ternyata berpengaruh besar pada kesuksesan seseorang, termasuk adalah kesuksesan finansial. Olehnya memulai usaha agar menjadi wirausaha sukses adalah dengan fokus pada kemampuan dan passion kita, lalu kita kerjakan kedua hal itu dengan usaha yang paling optimal dan konsisten (istiqomah).

Sebagai tambahan, dan penguat dari usaha apa yang akan kita lakukan untuk menjadi wirausaha sukses. Aku pernah menonton video di youtube, tentang apa yang bisa kita lakukan untuk menjadi wirausaha sukses. Tapi maaf ya, aku gak sebutin judul dan linknya, aku sudah lupa, cari sendiri ya? Cuman materinya aku masih ingat, yaitu tentang 4 (empat) hal yang bisa membuat kita menjadi wirausaha sukses.

1. Masalah Modal

Ya benar jika kita punya modal, maka akan dengan mudah kita bisa melakukan usaha cukup tanamkan keberanian untuk menginvestasikan dana tersebut dalam bidang apapun yang sahabat suka. Titik beratnya adalah tanamkan keberanian berinvestasi, jika tidak ada modal jangan patah arah, kita masih bisa berusaha dengan hal yang kedua.

2. Punya Keahlian

Sahabat punya keahlian khusus di atas rata-rata, maka itu adalah point penting yang sahabat bisa optimalkan. Sahabat bisa menjadi owner bisnis yang mendasarkan pada keahlian tersebut. Point pentingnya adalah pikirkan bagaimana keahlian tersebut bisa ditukarkan dengan uang. Lalu bagaimana jika sahabat tidak punya modal dan tidak ada keahlian yang bisa dijadikan uang. Jangan kuatir lakukanlah yang hal yang ketiga.

3. Konseptor Juga Oke

Mereka yang punya modal yang punya keahlian kadang juga tidak bisa jalan sendiri, mereka butuh konsep-konsep bagaimana kerjanya, maka sahabat bisa mengambil peran disini. Jadilah konseptor bagi mereka, jika mereka sukses, maka sahabat pastinya ikut kebagian suksessnya. Prinsip konseptor adalah "sukses anda adalah suksesku juga." Begitu kira-kira ya, tapi kalau tidak juga punya konsep yang bisa dijual. Maka lakukanlah hal yang ke empat.

4. Jadilah Konektor

Carilah di sekeliling sahabat orang-orang yang punya modal, punya keahlian, punya konsep, kemudian hubungkan mereka semua menjadi satu kerjasama yang menguntungkan. Maka dari kerjasama yang baik dan menguntungkan tersebut akan membawa sahabat pada kesuksesan juga, ya kan.

Oke cukup sederhana bukan, tinggal sekarang sahabat mau bertindak dan berperan seperti apa? Sesuaikan dan tentukan sekarang, lalu optimalkan usaha untuk meraihnya hingga sukses datang menghampiri sahabat. Demikian ya sahabat mudah bukan menjadi wirausaha sukses, salam sukses buat kita semua!!!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Menjadi Wirausaha Sukses Itu Mudah?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel