Pengalaman Jualan Dengan Sistem Dropship di Bukalapak


Kali ini saya ingin bercerita tentang pengalaman saya berjualan online di bukalapak dengan sistem dropship. Sudah pada tau kan apa itu jualan dengan cara dropship? Iya benar, kita jualkan barang orang lain, tapi seoalah-olah barang itu adalah milik kita. Karena distributor tempat kita belanja barang akan mengantarkan barang mereka ke pelanggan kita langsung atas nama kita, bukan atas nama mereka selaku pemilik barang.

Banyaknya informasi yang bergentayangan di dunia maya tentang bisnis online. Membuat saya juga tertarik mencoba peruntungan di bisnis online ini. Sebagai pemula awalnya saya bingung menentukan bisnis apa yang mudah saya jalankan dan dengan modal yang kecil.

Dari hasil penjelajahan yang saya lakukan pada akhirnya saya menemukan adanya peluang bisnis online mudah untuk dijalankan oleh saya, anda, dan kemungkinan banyak orang juga bisa melakukannya, yaitu jualan dengan sistem dropship melalui marketplace online.

Dalam berbisnis online, traffik dan kepercayaan sangat penting perannya. Olehnya sebelum terjadi penjualan, sudah pasti syarat utamanya adalah produk kita harus diketahui oleh pembeli terlebih dahulu, disinilah pentingnya traffik. Kemudian pembeli harus bisa yakin teransaksinya akan berhasil sesuai harapannya, kualitas layanan dan kualitas barang (bukan penipuan), ini yang dimaksud dengan kepercayaan.

Kenapa sebelumnya saya mengatakan bahwa bisnis online dropship dengan memanfaatkan marketplace ini mudah untuk dijalankan oleh siapa saja. Karena kita tidak perlu lagi bersusah payah menangani masalah traffik dan kepercayaan, semua itu sudah ditangani oleh marketplace tempat kita berjualan (dalam hal ini saya menggunakan bukalapak.com). Selanjutnya yang kita lakukan hanyalah memastikan ketersediaan barang-barang yang dibutuhkan oleh pembeli pada distributor tempat kita membeli barang yang akan kita jual.

Teknisnya adalah kita buat akun toko online kita di marketplace misal di bukalapak begitu. Kemudian kita mencari dan menentukan distributor, lalu kita ambil katalog produk-produk mereka. Mulai dari gambar, info manfaat, detail barang, berat dan jenisnya. Semakin lengkap kita menyajikan informasi barang, semakin baik.

Selanjutnya informasi barang yang kita dapatkan dari distributor tersebut kita posting di estalase toko online kita yang ada di bukalapak, atau marketplace yang dipilih. Jika itu semua sudah dilakukan, kita hanya tinggal menunggu hingga ada pembeli yang membeli produk-produk yang kita tawarkan di toko online kita.

Nah di sinilah kemudahan yang kita dapatkan, dengan nembuka toko online pada marketplace. Meskipun kita tidak perlu mendatangkan pelanggan dan membangun kepercayaan. Toko online dan produk yang kita tawarkan akan banyak dilihat calon pembeli, dan mereka pasti percaya bertransaksi dengan kita. Sebab kedua hal tersebut sudah diurusi oleh marketplace yang kita gunakan, sebagaimana yang saya singgung di awal tadi.

Jika ingin keberlanjutan toko online kita (banyak pembeli yang berlangganan), maka yang paling penting adalah kita harus tetap menjaga kualitas produk, dan kualitas layanan, dengan cara menjalin komunikasi yang baik dengan distributor dan pelanggan kita.

Perlu diketahui juga, berdasarkan pengalaman saya baiknya satu toko online, satu distributor. Atau satu distributor, banyak toko online. Jangan sampai banyak distributor untuk satu toko online. Jika banyak distributor untuk satu toko online kita, maka nanti pada saat ada yang beli barang kita, ternyata item barang yang dibeli tersebut berasal dari distributor yang berlainan. Maka sudah tentu barang akan dikirim dari sumber yang berlainan pula. Nah perihal ini pastinya akan membingungkan pembeli, dan kemungkinan bisa berdampak negatif untuk toko online kita.

Udah dulu ya, mudahan manfaat. Oh iya bagi anda yang mau ikut juga bisnis online yang mudah dan dengan modal kecil, mungkin pengalaman saya ini bisa dicoba. Mudah-mudahan keberuntungan selalu menyertai kita.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Pengalaman Jualan Dengan Sistem Dropship di Bukalapak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel