Cara Bisnis Ibu Rumah Tangga Agar Bisa Meraih Sukses

Cara Bisnis Ibu Rumah Tangga Agar Bisa Meraih Sukses

Sekarang ini semuanya serba memerlukan uang, apa-apa harus pakai uang, ini itu membutuhkan uang, siapa yang tidak butuh uang? Semua orang pasti butuh uang, karna dengan uang segala kebutuhan mudah terpenuhi. Membeli sesuatu atau berbelanja untuk memenuhi kebutuhan hidup harus dengan uang. Apa lagi saat ini semakin hari harga-harga barang semakin mahal, sebagai manusia pasti ada keinginan berbelanja, terutama bagi kaum wanita. Ingin beli ini dan itu, misalnya saja ingin beli tas, bedak, lipstick dan lain-lain semuanya pake uang, uang uang dan uang.

Nah tapi bagaimana caranya mendapatkan uang itu? Sebagai kaum wanita rasanya lebih bebas jika tidak selalu bergantung pada rezeki yang diberi oleh suami. Jadi ketika hendak membeli sesuatu yang diiginkan tidak mengganggu keuangan atau jatah belanja suami sehingga keuangan keluarga jadi lebih stabil dan aman. Lalu bagaimana cara bisnis ibu rumah tangga agar bisa meraih sukses, dapat membantu kebutuhan keluarga tanpa meninggalkan dan mengabaikan tugas utama sebagai ibu rumah tangga, yaitu melayani suami dan anak-anak di rumah.

Lagi pula sekarang ini lagi rame ibu rumah tangga berbisnis online. Berjualan melalui smartphone, menawarkan berbagai macam produk untuk mencari keberuntungan, baik itu reseller, produk sendiri, atau dropship. Dengan berbisnis seperti itu ibu rumah tangga bisa menghasilkan pudi-pundi rupiah. Diartikel ini penulis ingin sedikit berbagi pengalaman sebagai ibu rumah tangga yang mengeluti bisnis online. Tentunya dalam berbisnis ada jatuh bangunnya, kadang di atas kadang di bawah, penghasilan yang tidak menentu perharinya.

Sebagai seorang Muslimah tentunya melihat batasan-batasan sejauh mana seorang Muslimah boleh melakukan perniagaan, dan ternyata Islam memberikan toleransi untuk bekerja dan berdagang boleh dilakukan bagi lelaki dan juga wanita, menurut Muslimah.or.id semua harus dilakukan dalam keadaan terbebas dari segala yang membahayakan agama dan kehormatan para wanita, serta tidak membahayakan bagi lelaki.

Baca Juga: Menjadi Wirausaha Sukses Itu Mudah?

Itulah dasar yang dapat dijadikan landasan untuk memulai berbisnis dan memperoleh penghasilan sendiri, dengan menggeluti dunia bisnis online, karena setiap Muslimah pastinya memiliki impian untuk kedepannya. Begitu juga dengan penulis meski bersetatus sebagai ibu rumah tangga namun tetap ingin berbisnis adalah semata-mata untuk mewujudkan impian-impian kedepan, mudahan berkah amin.

Sebagai ibu rumah tangga meskipun harus mengurus rumah, suami, anak, dan selalu memikirkan  dan kadang juga ikut membantu menyelesaikan tugas-tugas suami dan tugas-tugas anak namun tetap saja sebagai seorang ibu rumah tangga juga masih memiliki hak untuk meraih kesuksesannya sendiri.

Lalu bagaimana caranya agar semua itu tercapai? Jawabannya sangat sederhana sekali yaitu ketekunan. Sebagai pebisnis online atau penjual online penulis harus meluangkan waktu minimal 1 sampai 2 jam perhari untuk melakukan promosi jualan, dengan promosi menawarkan barang itulah mencoba peruntungan rezeki Alloh dengan produk-produk yang ditawarkan barang kali melalui itulah orang tertarik untuk membeli.

Dalam berbisnis online tentunya tidak terlepas dari rintangan seperti halnya ejekan-ejekan, mencibir produk yang dijual. Ada yang bilang produk yang dijual tidak baguslah, ada juga yang bilang tidak manjur, dan berbagai macamnya.

Terkadang memang membuat down, patah semangat, apa lagi kalau tidak ada pembeli rasanya sedih ingin mundur dari bisnis. Tapi kalau ingat impian, ingat orang-orang yang disayangi semangat itu tiba-tiba membara kembali, mereka inilah yang menjadi penyemangat berbisnis dan penyemangat hidup. Pernah ketika santai bareng suami, dan kami suka cerita tentang harapan-harapan buat masa depan. Suami bilang “dinda -panggilan kesayangan, priiittt…- nanti mas belikan kendaraan ya? Maunya warna apa?”

Baca Juga: Kata Mereka Menuliskan Mimpi Adalah Langkah Awal Menuju Sukses

“Mau warna kuning ya mas, emang beneran mau dibelikan?” Suami jawab dengan pedenya, “ialah nanti mas belikan, biar kalau jalan enggak kepanasan dan enggak kehujanan.” Saya jawab dengan tertawa nyaring dan bilang, “amin mudahan terkabul?” Itulah keluarga kecil kami yang memiliki banyak impian.

Kalau semangat sedang jatuh, cuman diam saja kemudian tidak mau bangkit dan action kembali bagaimana mungkin bisa meraih sukses dan mewujudkan impian-impian itu. Dengan begitu lalu penulis bangkit, dan bangkit lagi, semangat lagi promosiin produk-produk. Entah itu lewat tulisan, video, atau langsung menawarkan pada teman-teman dekat.

Suatu ketika penulis pernah mengutarakan kepada seorang teman tentang impian penulis, oleh sebab impian itulah meski jadi ibu rumah tangga penulis tetap bela-belain menjalankan bisnis herbal kecil-kecilan. Terus cibiran dengan mudahnya terlontar “segitunya apa aja semuanya dikerjakan,” tapi penulis diam aja. Penulis balasan dengan senyuman aja, karena tahu mewujudkan impian bukanlah hal yang hina, bahkan bisa jadi itu adalah kemuliaan.

Itulah semua apa yang kita lakukan, yang kita kerjakan, pasti ada yang mendukung dan tidak sedikit pula yang mencibirnya. Itu adalah hal yang wajar di dunia ini, harus bisa buktian bahwa semua itu bisa dicapai dan mendapatkan keberkahannya.

Untuk tetap bisa bertahan dalam menggeluti dunia bisnis maka penulis selalu menutup kedua telinga terhadap hal-hal yang negatif, dengan cara tetap senyum dan mengambil pelajaran dari pengalaman yang telah dilakukan. Dengan meyakini bahwa impian-impian itu nyata untuk diraih, maka cibiran-cibiran orang tidak akan mampu menjatuhkan semangat berbisnis untuk meraih sukses.

Baca Juga: Cara Benar Wujudkan Impian Jadi Kenyataan

Selanjutnya dalam menjalankan bisnis ibu rumah tangga secara online ini tidak boleh malu, karena ngapain harus malu, yang dikerjakan adalah suatu yang halal, dan untuk mencari keberkahan. Kalau dipikir siapa lagi yang membantu kesuksesan keluarga kalau bukan istrinya. Harus sama-sama merasakan susahnya, harus sama-sama berjuang hingga akhirnya kesuksesan itu datang.

Alhamdulillah ada lagi ilmu yang saya peroleh ketika mengikuti seminar bisnis, pemateri dalam seminar bisnis itu berkata “ada orang-orang yang harus kita jauhi. Siapa orang yang harus kita jauhi? Yaitu adalah mereka yang selalu mencuri kebahagiaan orang, mencuri kesuksesan orang.” Dalam artian bukanlah silaturrahminya, tetapi pemikiran-pemikirannyalah yang harus dijauhi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Bisnis Ibu Rumah Tangga Agar Bisa Meraih Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel