3 Tips Agar Anak Balita Mau Mengaji - Mengajari Anak Balita Mengaji - Mengaji Sejak Dini - Balita Belajar Mengaji



Harapan orang tua yang paling utama adalah menginginkan agar anak-anaknya menjadi anak-anak yang sholeh. Sebab dengan kesalehan tersebut kelak anak akan membawa manfaat bagi dirinya sendiri, orang tuannya atau bahkan dapat bermanfaat bagi orang lain. Kesalehan akan tercipta selaras dengan kebaikan akhlak yang dimilikinya.

Mengaji adalah cara menanamkan akhlak kepada anak melalui kalam-kalam ilahi yang dimasukkan dalam jiwa dan pikiran anak, baik secara pemahaman maupun secara hidayah. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah mulai kapan anak harus diajarkan mengaji?

Secara umum Islam mensyariatkan belajar adalah mulai dari kandungan hingga masuk ke liang lahat (kuburan), ini artinya adalah bahwa anak seharusnya telah diajarkan nilai-nilai ilahi sejak masih dalam kandungan. Namun dengan demikian aktifitas ini masih mengarah pada keaktifan orang tuanya, sedang anak masih bersifat pasif. Pada dasarnya dalam fase ini asalkan orang tuannya memiliki komitmen yang tinggi, maka proses belajar dalam fase ini mudah dilakukan.

Berjalannya waktu ketika anak sudah mulai aktif mengenal berbagai macam nama -mengenal benda, perbuatan, atau lain-lain dalam arti ilmu pengetahuan- yang usia anak dalam fase balita, maka anak sudah mulai dituntut untuk ikut aktif dalam proses belajar. Di sinilah letak masalah itu terjadi, sebab anak pada fase ini masih memiliki sifat, inginnya sajalah yang harus dituruti. Sehingga susah untuk diatur sesuai dengan kehendak orang tuanya, semisal adalah agar mau mengaji secara istiqomah.

Karena fase ini adalah termasuk face emas anak, maka sayang jika tidak dimanfaatkan, atau terlewat begitu saja, karena kurangnya kesabaran dan kreatifitas kita sebagai orang tua dalam mencari cara agar anak mau istiqomah dalam belajar mengaji. Sebab harapannya adalah dengan belajar mengaji sejak balita, maka anak secara pemahaman dan hidayah telah tertanamkan nilai-nilai ilahi, dan kemudian benar-benar dapat mewujud menjadi anak yang sholeh.

Untuk mengatasi masalah tersebut agar masa balita anak -masa emas anak- tidak terlewatkan begitu saja, maka berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan agar anak balita mau mengaji dengan istiqomah.


1. Orang Tua Harus Terus Sabar dan Telaten Mengajak Anak Mengaji
Agar usaha balita mengaji atau anak mau mengaji sejak dini maka peran orang tua adalah yang utama dari meluangkan waktu, konsisten, dan sabar terus menerus secara istiqomah mengikuti proses ini. Artinya adalah orang tua harus memiliki komitmen yang tinggi untuk terus memotivasi anak dengan terus mendampingi dan mengajak anak untuk diajak mengaji.

2. Mencarikan Guru Ngaji
Memang sebagai orang tua sebenarnya rata-rata memiliki kemampuan standar yang bisa digunakan untuk mengajari anak mengaji. Namu terkadang ada anak yang membutuhkan orang lain untuk bisa fokus mengikuti proses mengaji, maka disinilah pentingnya kita mencarikan guru bagi anak, meskipun begitu sebagai orang tua tidak juga harus tetap memberikan pengajarannya, dengan cara mengulang kembali apa yang telah diajarkan oleh gurunya.

3. Pilih Ruang Umum atau Privat
Maksud dari pemilihan ruang umum dan ruang privat adalah suatu usaha dimana kita memahami karakter anak saat belajar mengaji, terkadang ada anak yang mau mengaji apabila disekelilingnya banyak anak-anak yang juga mengaji -bergabung dengan teman-temannya di TPA-, atau ada juga anak yang fokus belajar mengajinya apabila dia bersama gurunya saja. Jadi sebagai orang tua harus mampu melihat apakah anak kita bisa belajar mengaji bersama-sama dengan anak-anak yang lain, atau mau belajar mengaji apabila hanya bersama gurunya saja tanpa adanya gangguan dari teman-temannya yang lain.

Demikian 3 tips agar anak balita mau mengaji dengan istiqomah, tips ini juga merupakan pengalaman pribadi penulis saat mendampingi anak belajar mengaji, mudah-mudahan 3 tips belajar mengaji sejak dini ini dapat bermanfaat.

Selanjutnya bila berkenan mari berkunjung ke channel youtube kami. Caranya langsung aja klik link al-fazini untuk langsung menuju ke channel kami. Semoga sukses, terima kasih!!!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "3 Tips Agar Anak Balita Mau Mengaji - Mengajari Anak Balita Mengaji - Mengaji Sejak Dini - Balita Belajar Mengaji"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel