Ingin Buat Usaha, Tapi Tidak Punya Ide Bisnis? Mungkin Hanya Perlu Dicoba Saja

Ziny Anak Teri

Ide bisnis merupakan titik awal yang harus ada ketika seseorang hendak menjalankan usaha atau bisnis. Kebanyakan orang yang ingin berbisnis tetapi tidak pernah terwujud menjadi seorang pebisnis adalah karena salah satu sebab tidak adanya ide bisnis yang tepat untuk dijalankan.

Pada dasarnya ide yang berkeliaran itu banyak sekali namun kurangnya perhatian akibat dorongan-dorongan negatif yang mengganggu, sehingga ide tersebut terabaikan tanpa terlebih dahulu dicoba dengan mengeksekusinya dalam bentuk tindakan nyata.

Sebagai contoh dorongan negatif tersebut adalah ketika seseorang menjalankan usaha, tentu harapan usaha tersebut dapat semakin berkembang dan menguntungkan. Usaha berkembang dan menguntungkan adalah merupakan target yang harus diraih dalam berbisnis, maka beranjak dari persoalan tuntutan harapan tersebut ternyata menjadi faktor sulitnya menemukan ide bisnis yang tepat. Bahkan terpikir seolah semua masalah kebutuhan yang ada telah tercukupi oleh produk-produk yang telah beredar. Sehingga beranggapan bahwa ide yang ada dalam pikir tidaklah layak untuk dijalankannya.

BACA JUGA: Begini Cara Mencari Tambahan Penghasilan Untuk Memenuhi Kebutuhan Keluarga

Ketika ide Ziny Anak Teri diluncurkan dalam bentuk produk teri kriuk dan ternyata mendapat sambutan positif oleh pasar, maka kami baru sadari ternyata itu bukan sebuah ide yang sederhana. Kesadaran itu datang karena adanya pertanyaan-pertanyaan dari hasil obrolan bersama rekan-rekan sejawat yaitu tentang "dari mana kamu dapat ide buat produk Ziny Teri?" dan dilanjutkan dengan pertanyaan "sebenarnya aku juga pingin berbisnis tapi tidak tau mau bisnis apa?"

Apakah mungkin mereka yang telah sukses membuat produk-produknya diterima oleh pasar adalah karena faktor keberuntungan? Atau karena memang mereka telah melakukan riset terhadap ide yang akan dijalankan? Atau karena mereka telah mencoba semua ide bisnisnya sampai mereka mendapati bahwa produk yang dicobanya dapat diterima pasar?

Bisa jadi ide bisnis yang telah berkembang saat ini awalnya datang karena keberuntungan, atau karena memang melalui proses riset, atau karena coba-coba. Atau karena adanya semua faktor-faktor tersebut, semua itu adalah kemungkinan-kemungkinan yang dilalui pada ide bisnis yang diterima pasar.

BACA JUGA: Lelah Bekerja Itu Biasa, Tetap Sabar dan Syukur, Insya Alloh Berkah

Tentu saja semua itu bergantung pada kesiapan dan kesempatan yang ada. Lantas bagaimana menyikapi ketika hendak membuat usaha, namun kebinggunggan mau bisnis apa. Pada dasarnya ini adalah masalah umum yang dihadapi oleh manusia yang akan membuat atau menjalankan usaha. Kecuali memang orang-orang yang memiliki sumber daya ilmu, modal, dan lain-lain semua itu akan sangat mudah diwujudkan. Akan tetapi sebagian besar orang tidaklah beruntung seperti itu, harus ada upaya kerja keras barulah hal itu bisa tercapai.

Masalah sebagian besar orang tersebut yaitu keterbatasan sumber daya coba diatasi dengan cara melakukan (mewujudkan) apa yang dipikirkannya, meskipun ide yang dipikirkannya adalah ide-ide sederhana. Perilaku semacam ini adalah untuk mendatangkan peluang kemungkinan, kemungkinan datangnya keberuntungan, kemungkinan datangnya pengalaman dan pelajaran, kemungkinan ditemukannya salah satu produk yang berhasil.

BACA JUGA: Bersyukur! Bukan Hanya Karena Tercapainya Harapan

Artinya bahwa untuk menemukan ide bisnis atau produk sukses mungkin kita hanya perlu mencoba ide bisnis yang terlintas dipikiran kita, meskipun hal itu adalah ide yang sangat sederhana sekalipun. Mungkin seperti itu ya kawan, selamat mencoba semoga kita semua menjadi orang-orang yang beruntung...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Ingin Buat Usaha, Tapi Tidak Punya Ide Bisnis? Mungkin Hanya Perlu Dicoba Saja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel